Kankemenag Jombang

Lantik Dua Kepala KUA, Kepala Kemenag Jombang Muhajir Singgung Revitalisasi KUA

Jombang (Humas Kemenag) — Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang (Kemenag Jombang), Muhajir melantik dan mengambil sumpah jabatan dua orang Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Jumat (8/3/24) di Aula Darussalam setempat.

Dua pejabat yang dilantik adalah Chusnul Chuluq, S.Ag., yang sebelumnya sebagai kepala KUA Kecamatan Kudu, saat ini sebagai kepala KUA Kecamatan Tembelang, dan Maulana Sujatmiko Penghulu Ahli Muda KUA Kecamatan Sumobito yang saat ini dilantik sebagai kepala KUA Kecamatan Kudu.  

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Jombang Muhajir mengatakan dirinya percaya kedua pejabat yang telah ia lantik akan mampu melaksanakan tugas di tempat baru, mengingat seluk beluk KUA telah menjadi tugas sehari-hari yang selama ini dilakukan.

Berkaitan dengan  tugas dan fungsi KUA, Muhajir menyampaikan Gusmen Yaqut Cholil Qoumas berulang kali mengatakan dalam berbagai sambutannya bahwa revitalisasi KUA yang merupakan salah satu prioritas Kementerian Agama harus berhasil. Apalagi Gusmen memprogramkan KUA sebagai tempat pencatatan nikah semua agama di Indonesia, karena Kemenag adalah Kementerian Semua Agama.

“Saya berharap dengan tambahan amunisi baru di jajaran kepala KUA, masuknya Mas Aan di jajaran kepala KUA bisa memperkuat konsolidasi kita sehingga di tahun 2024 ini seluruh KUA di Kabupaten Jombang benar-benar bisa terevitalisasi, tidak hanya 6 KUA yang kemarin mendapatkan proyek revitalisasi namun semua KUA di Kabupaten Jombang menjadi KUA yang direvitalisasi,” terang Muhajir.

Pria melek IT ini juga mengatakan dirinya akan berkunjung ke KUA untuk melihat sejauh mana revitalisasi KUA telah dilaksanakan. Ia juga akan mengevaluasi kepada 6 KUA revitalisasi dan mengidentifikasi berbagai kendala di lapangan.

“Target Gusmen di 2024, di masa akhir jabatan beliau, ia betul-betul ingin agar seluruh KUA menjadi pusat layanan keagamaan,” tambah Muhajir.

“Selamat dan sukses untuk Mas Aan dan Pak Chusnul Chuluq atas jabatan barunya mudah-mudahan bisa amanah dalam melaksanakan tugas di tempat tugas masing-masing,” pungkasnya. (dsi)