Kankemenag Jombang Siaran Pers

Haru dan Bahagia Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kabupaten Jombang Tahun 2024

Jombang (Humas Kemenag) – Jemaah Haji Kabupaten Jombang 1445 H/2024 M telah selesai menjalani seluruh rangkaian ibadah haji dan telah tiba di Jombang, Selasa (9/7/2024). Kedatangan jemaah haji disambut oleh PJ Bupati Jombang, jajaran Forkopimda, pejabat Kemenag Jombang, serta sambutan haru keluarga jemaah haji di Pendopo Kabupaten Jombang.

PJ Bupati Jombang Sugiat dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada para jemaah haji yang telah kembali ke tanah air dengan selamat.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Jombang dan seluruh masyarakat Jombang, menyampaikan ucapan selamat datang kepada para jemaah haji yang telah kembali ke tanah air dengan selamat. Perjalanan haji adalah perjalanan spiritual yang penuh makna dan tantangan. Alhamdulillah, semua jemaah haji Kabupaten Jombang telah menunaikan ibadah haji dengan baik dan kembali ke tengah-tengah keluarga serta masyarakat dalam keadaan sehat wal afiat,” tutur PJ Bupati.

PJ Bupati Sugiat mengatakan keberhasilan jemaah dalam menunaikan ibadah haji adalah suatu kebanggaan bagi Pemkab Jombang. Untuk itu ia mendoakan semoga segala amal ibadah yang telah dilaksanakan di tanah suci diterima oleh Allah dan menjadi haji yang mabrur.

“Kami berharap bahwa pengalaman spiritual yang didapat selama di tanah suci dapat menjadi inspirasi dan motivasi kepada bapak ibu sekalian agar menjadi pribadi yang lebih baik, lebih sabar, dan lebih ikhlas dalam menghadapi segala ujian hidup,” tambahnya.

Terakhir PJ Bupati sampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan, kesehatan serta kekuatan kepada Jemaah haji, sehingga tidak mengalami hambatan maupun kendala berarti dalam melaksanakan rukun Islam yang kelima di tanah suci, dan dapat kembali ke tanah air, untuk bertemu dan berkumpul kembali bersama keluarga, sahabat dan masyarakat dikampung halaman masing-masing.

Sebelumnya, jemaah haji Kabupaten Jombang yang terbagi dalam kloter 61, 62, 63, dan 64 mengikuti penyambutan di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Kepala Kemenag Jombang Muhajir hadir dalam penyambutan tersebut bersama Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Abd. Haris, Kepala Seksi PHU Kemenag Jombang Ilham Rohim, dan segenap panitia dari Asrama Haji.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Jombang Muhajir menyampaikan selamat datang kembali, ahlan wasahlan wa marhaban bi khudzurikum kepada seluruh jemaah haji.

“Alhamdulillah kemarin kloter 61 berangkat dengan 366 jemaah, dan hari ini pulang kembali dengan jumlah 365 jemaah karena ada satu yang sakit dan harus dirawat di Madinah. Karena itu mari berdoa bersama mudah-mudahan Jemaah haji yang tertinggal segera diberikan kesembuhan oleh Allah dan bisa segera kembali ke tanah air,” tutur Muhajir saat menyambut kedatangan jemaah haji kloter 61 di hall Mina.

Dalam kesempatan tersebut Muhajir juga menyampaikan harapannya semoga seluruh jemaah haji menjadi haji yang mabrur.  “Kami berharap mudah-mudahan panjenengan semua menjadi haji yang mabrur, Amin Ya Rabbal Alamin,” ucap Muhajir.

Kedatangan jemaah haji Kabupaten Jombang di Asrama Haji secara berurutan dari kloter 61 pada pukul 14.48, kloter 62 sekitar pukul 15.37, kloter 63 pukul 20.08, dan kloter 64 pada pukul 00.17 dini hari, Rabu (10/7/2024). Sedangkan kedatangan jemaah di Pendopo Kab. Jombang kloter 61 pada pukul 18.40 dan berakhir pada kloter 64 pada pukul 03.25 Rabu pagi.

Dari total 1174 jemaah haji Kabupaten Jombang yang berangkat pada tahun 2024 ini, total 4 jemaah haji dinyatakan wafat. Adapun jemaah yang wafat di tanah suci antara lain Dewi Aminah Solihin dari Jogoroto, Ja’far Ahmad Sofwan dari Tambakberas, dan Saeman Tarban dari Plandaan. Sementara itu, satu jemaah meninggal dalam perjalanan pulang ke Indonesia yaitu Ibu Sukirah Tomo Karso. Sedangkan satu jemaah atas nama Muhammad Chisom Sali Amirjo dari Jogoroto belum bisa kembali ke Tanah Air karena masih dirawat di RS Madinah.

Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *