Kankemenag Jombang

Buka Rakor Muzakki, Kepala Kemenag Jombang: Kalau Mau Jadi Orang Beruntung, Berzakatlah!

Jombang (Humas Kemenag) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang (Kemenag Jombang) Muhajir membuka kegiatan Rapat Koordinasi Muzakki yang digelar oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf. Kegiatan diikuti Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) se-Kabupaten Jombang bertempat di Aula Darul Hikmah, Senin (8/7/2024).

Di hadapan sedikitnya 278 orang PPPK, Muhajir mengawali sambutannya dengan mengatakan dirinya merasa terpanggil dengan satu ayat yang berbunyi “Quu Anfusakum wa Ahlikum Naaro” yang artinya peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

“Saya kebetulan mendapatkan SK sebagai kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Jadi bapaknya ASN se-Kabupaten Jombang mau nggak mau saya. Ketika saya mendapat SK sebagai kepala kantor, saya mendapat amanah untuk menjaga diri saya pribadi dan keluarga saya, yaitu ASN Kemenag Jombang dari siksa api neraka,” tutur Muhajir.

Selanjutnya, ia mengutip sebuah ayat Al-Quran berbunyi “Qod Aflaha Man Tazakka” yang artinya sungguh beruntung orang-orang yang mau berzakat.

“Kalau mau jadi orang beruntung, berzakatlah,” tambahnya.

Berkaitan dengan zakat yang harus ditunaikan oleh ASN termasuk PPPK, pria melek IT ini mengutip Peraturan Menteri Agama Nomor 31 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Syariat dan Tata Cara Perhitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah Serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif.

“Dari PMA tersebut, kita ini adalah orang-orang yang wajib mengeluarkan zakat. Dengan membayar zakat berarti kita bersyukur kepada Allah. Lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna adzabi lasyadid,” pungkasnya.

Sementara itu, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kemenag Jombang Fitriah Susanti mengatakan sasaran rapat koordinasi muzakki adalah PPPK Kemenag Jombang.

“Alhamdulillah hari ini kami menggelar rapat koordinasi muzakki dengan sasaran para PPPK Kemenag Jombang sebanyak 278 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk optimalisasi zakat profesi,” terang Fitri.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Baznas Kabupaten Jombang Didin Ahmad Sholahuddin atau akrab dengan panggilan Gus Didin yang menyampaikan materi tentang ‘Gerakan Jombang Berzakat’. (dsi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *