Siaran Pers

Jelang Kepulangan Jemaah Haji, Kemenag Jombang Lakukan Persiapan

Jombang (Humas Kemenag) — Musim haji tahun 2024 hampir usai, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang (Kemenag Jombang) telah mempersiapkan kepulangan jemaah haji dan memastikan jemaah haji aman dan nyaman hingga ke tanah air.

Agar jemaah pulang dengan nyaman dan aman, Kemenag Jombang mulai melakukan langkah-langkah salah satunya melakukan rapat koordinasi dengan lintas sektoral pada Jumat (29/6/2024) lalu. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jombang Ilham Rohim saat menjadi narasumber pada Program Dialog Pagi yang digelar oleh RRI Kediri 100.2 FM, Senin (1/7/2024).

Pada dialog yang bertajuk ‘Persiapan Kepulangan Haji 2024’ tersebut ia mengatakan pihaknya telah mempersiapkan kepulangan Jemaah haji dengan melakukan koordinasi lintas sektoral terdiri dari lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang, Polres, Dandim, Dishub, Satpol PP, Kominfo, KBIHU, dan FKBIHU.

“Insya Allah kita sedang mempersiapkan kepulangan atau kedatangan 4 kloter jemaah haji yang dijadwalkan akan tiba di tanah air pada tanggal 9 Juli 2024 dengan rincian Kloter 61 tiba di pendopo Jombang pada pukul 17.25 WIB. Kloter 62 tiba di pendopo Jombang pada pukul 18.15 WIB. Kloter 63 tiba di pendopo Jombang pada pukul 22.35 WIB, dan Kloter terakhir yakni kloter 64, dijadwalkan tiba di pendopo Jombang pada pukul 02.55 WIB,” terang Ilham Rohim.

Terkait kepulangan jemaah haji ia mengatakan tentu tidak terlepas dengan keadaan para jemaah saat ini. Ilham menyampaikan bahwa terdapat 1 jemaah yang saat ini masih dalam keadaan yang kurang sehat.

“Kesehatan jemaah haji untuk kloter 61 masih ada yang kurang sehat 1 orang, karena mual dirasa sejak 29 Mei. Sudah dilarikan ke rumah sakit Al-Noor Makkah untuk tindakan lebih lanjut, Kloter 62, 63, 64 alhamdulillah baik,” ujar Ilham Rohim.

Adapun prosedur penjemputan jemaah haji kata Ilham hingga saat ini masih sama seperti tahun kemarin, yaitu keluarga hanya dapat menunggu jemaah di tempat parkir Pendopo Alun-alun Jombang. Sedangkan jemaah haji diarahkan terlebih dahulu ke Pendopo Jombang untuk melaksanakan acara ceremonial serta doa bersama.

Ceremonial diawali dengan sambutan selamat datang yang akan disampaikan oleh PJ Bupati Jombang, lalu dilanjut dengan doa bersama yang akan dipimpin oleh perwakilan 1 jemaah haji di setiap kloternya,” tambah Ilham.

Paling akhir, Kasi PHU memberikan imbauan kepada jemaah haji agar kepulangan dapat berjalan lancar. Ia meminta agar jemaah tetap menjaga kesehatan mengingat saat ini masih ada kegiatan-kegiatan ibadah di Madinah Al-Munawwaroh. Sedangkan kepada keluarga yang nantinya menjemput jemaah haji di Pendopo, Ilham mengimbau untuk tidak terlalu banyak membawa rombongan, cukup satu mobil saja untuk menghindari kemacetan lalu lintas di area Pendopo Kabupaten Jombang.

Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *