Kankemenag Jombang Siaran Pers

Apel HAB ke-78, ASN Kemenag Diimbau untuk Melayani dengan Hati dan Jaga Netralitas

Kementerian Agama hari ini, Rabu (3/1/24) merayakan ulang tahun ke-78 yang populer dengan sebutan Hari Amal Bakti (HAB). Apel perayaan HAB digelar serentak oleh ASN Kemenag, pusat dan daerah, tak terkecuali di Kemenag Jombang yang digelar di halaman MAN 1 Jombang. Apel yang dilaksanakan sederhana namun hidmat tersebut diikuti oleh Kepala Kemenag Jombang, jajaran Kepala Seksi (Kasi) dan Penyelenggara, Kepala MAN, MTsN, MIN, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), dan seluruh ASN Kemenag Jombang.

Kepala Kemenag Jombang Muhajir selaku inspektur apel menyampaikan sambutan dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

“Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini,” tuturnya.

Tema ini, lanjut Muhajir, bermakna bahwa ASN Kementerian Agama harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama. Oleh karena itu, ASN Kemenag harus berusaha bersama mewujudkan birokrasi yang melayani.

“Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi,” ujar Muhajir di hadapan sekitar 1300 peserta apel.

“Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat,” sambungnya.

Perayaan HAB ke-78 Kemenag berlangsung dalam suasana kampanye pemilihan umum legislatif, serta presiden dan wakil presiden. Muhajir menyampaikan pesan Gus Men Yaqut yang mengatakan, agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda semua warga negara. Ia mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, Gus Men meminta untuk menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

Perlunya Menghargai Jasa Pimpinan Terdahulu

Momentum Apel HAB ke-78 di Kemenag Jombang dirangkai dengan Resepsi Hari Amal Bakti ke-78 yang digelar di Aula Asrama Putra MAN 1 Jombang. Kepala Kemenag Jombang Muhajir sengaja menghadirkan pejabat Kemenag Jombang yang telah purna. Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Ahmad Rifa’I yang dulu menjabat sebagai Kasi Urais, Drs. H. Nur Habib Adnan, M.Pd.I. yang pernah menjabat sebagai Penyelenggara Syariah, Kasubag TU dan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), dan Drs. H. Moh. Salim, M.M.Pd. yang pernah menjabat sebagai Kasi PAIS, Kasubag TU, dan Kasi PHU.

“Kami menghadirkan beliau-beliau pejabat Kemenag Jombang yang sudah purna, adalah untuk menjalin silaturrahim, dan menyampaikan apresiasi bahwa adanya Kemenag Jombang saat ini tidak lepas dari peran dan jasa beliau-beliau,” ujar Muhajir.

Dengan kehadiran para pejabat yang telah purna menurut pria kelahiran Malang ini juga untuk menginformasikan tentang perkembangan terkini Kemenag Jombang, sehingga mereka dapat ikut memantau dan memberikan saran serta masukan yang membangun.

HAB ke-78 di Kemenag Jombang Bertabur Kegiatan Positif

Kemeriahan ulang tahun ke-78 Kementerian Agama di Kabupaten Jombang tidak hanya diisi dengan kegiatan Apel dan Resepsi pada 3 Januari 2024. Namun sebelumnya, Kemenag Jombang telah menggelar berbagai macam kegiatan dan perlombaan yang dimulai pada bulan November 2023, yang puncaknya akan ditutup dengan gelar Malam Anugerah 2024 tanggal 5 Januari mendatang.

“Alhamdulillah, rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HAB ke-78 di Kemenag Jombang sangat banyak, ada lomba-lomba, ada kegiatan keagamaan, dan kegiatan sosial,” tutur Kasubag TU Arif Hidayatulloh.

Kegiatan Perlombaan meliputi pertandingan Bola Voli, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Senam Kreasi, Lomba Keindahan Dan Kebersihan, Kepala Madrasah, Guru dan Pengawas Berprestasi, Jombang Madrasah Competition (JMC), Digitalisasi Layanan Madrasah, Media Pembelajaran Berbasis ICT, Alat Peraga PAI, Short Movie Moderasi Beragama, Dan Prophet Story Telling.

Kegiatan Keagamaan meliputi Khotmil Quran sebanyak 2024 majelis khataman, Ziarah Makam Pahlawan Nasional dan Tokoh Agama. Sedangkan kegiatan sosial diwujudkan dalam Aksi Nyata Peduli Sesama, dengan membagi sembako sebanyak 1.581 paket yang tersebar di 22 titik se-Kabupaten Jombang.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan tersebut dapat memeriahkan Hari Amal Bakti dan memberikan manfaat baik bagi ASN Kemenag, maupun bagi masyarakat Kabupaten Jombang,” pungkas Arif.

Humas