Madrasah Jombang

Kemenag Jombang Berkolaborasi dengan Baznas Beri Bantuan Madrasah Roboh

Ngusikan (Humas Kemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang (Kemenag Jombang) bersama Baznas Jombang memberikan bantuan uang renovasi kepada MI Raden Patah Ngusikan yang beberapa waktu lalu mengalami musibah. Salah satu ruang kelas yang digunakan untuk pembelajaran roboh, sejumlah struktur bangunan kayu yang digunakan sebagai penyangga genteng juga tampak lapuk termakan usia.

Kepala Kemenag Jombang Muhajir menyampaikan ungkapan syukur pihaknya bisa berkolaborasi dengan Baznas untuk membantu madrasah yang tertimpa musibah.

“Bersyukur diajak Baznas Kabupaten Jombang untuk berkolaborasi memberikan bantuan renovasi gedung MI Raden Patah Ngusikan, sehingga bisa menyempatkan menyampaikannya secara langsung. Biarpun jalanan yang sempat dilewati ada sebagian berbatu dan licin selepas dibasahi hujan,” terang Muhajir.

Pria asli Malang ini pun menambahkan, semoga bantuan yang diberikan dapat dipergunakan dalam merenovasi gedung yang mengalami kerusakan. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, sekaligus memberikan rasa aman bagi para peserta didik di MI Raden Patah Ngusikan.  “Tak perlu sampai was-was,” tambahnya.

Kepala MI Raden Patah Ngusikan, Sumariyah tak dapat menahan rasa gembira serta atas bantuan yang diberikan kepada satuan pendidikan yang dinahkodainya ini. Walaupun terbilang sebagai satuan pendidikan yang terpencil, terluar, dan terdalam, masih mendapat perhatian dari Baznas maupun Kemenag Kabupaten Jombang.

“Jangan dibayangkan di sini ramai selaiknya satuan pendidikan di wilayah perkotaan. Di sini hanya ada beberapa peserta didik saja. Hal itu membuat sejumlah kelas kosong tak ada peserta didik seperti di kelas III dan V. Meski begitu para bapak/ibu pengajar di sini tetap teguh dan bersemangat memberikan yang terbaik dalam mendidik peserta didik. Bahkan dalam perbaikannya pun dilaksanakan secara bergotong royong bersama warga sekitar,” terang Sumariyah.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahudin di tempat terpisah menjelaskan sebelum menjalin kolaborasi dengan Baznas Kabupaten Jombang, ada laporan bahwa terdapat satuan pendidikan yang gedungnya roboh di wilayah pinggiran Bumi Besut. Lantas meminta tim dari Baznas Kabupaten Jombang guna melakukan survei dan menyusun Rancangan Anggaran Belanja yang dibutuhkan dalam merenovasi.

“Angka Rp 12.690.000 sudah dihitung berdasarkan kebutuhan bersama perwakilan dari MI Raden Patah Ngusikan. Selanjutnya menawarkan kolaborasi dengan Kemenag Kabupaten Jombang, akhirnya terjalin dan membantu sebesar Rp 5 juta. Sisanya dipenuhi oleh Baznas Kabupaten Jombang,” papar Gus Didin, sapaan akrabnya. (dsi)