Madrasah Jombang

Go Internasional, Peserta Didik MAN 1 Jombang Bertemu Direktur KSKK

Kab Jombang. Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, peserta didik kelas XI BHS MAN 1 Jombang bertemu dengan Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Dr. H. Ahmad Umar, MA kemarin (7/4/2021). Pertemuan yang diprakarsai oleh Indah, staff Humas Kemenag RI tersebut sebagai apresiasi bangga atas prestasi yang telah diraih dalam Istanbul Youth Summit (IYS) Turki 2021. Berlangsung di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta Pusat, Direktorat KSKK Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam jam 14.00 WIB.
Alfath, bersama timnya memperoleh award “The Most Outstanding Project” dalam rangkaian kegiatan IYS Turki (20 – 31 Maret). “Saya dalam acara Istanbul Youth Summit 2021 tergabung dalam Tim 9, Projek sosial dalam Pemerintahan di bidang Edukasi” ungkapnya. “Nama projek social kami SEPIA.ID (Socio-Edupreneur Indonesi), yaitu sebuah platform yang menyediakan program pembelajaran bagi peserta didik dan pendidik tanpa batasan usia sebagai sarana untuk mencapai kualitas hidup yang lebih tinggi. Program ini disediakan dalam bentuk online maupun offline. Selanjutnya, tujuan kami adalah menjadikan SEPIA.ID sebagai pusat pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan inovasi atau ide bisnis dengan daya saing dan daya tarik yang kuat. SEPIA.ID dapat mendidik cara hidup yang berkelanjutan dan ramah lingkungan yang dapat diterapkan pada masyarakat”, papar pemuda 16 tahun ini dengan penuh semangat
Sebulan sebelum konferensi IYS 2021 berlangsung, Alfath dengan timnya sudah mulai menggarap projek sosial ini. Mereka berdiskusi online tiap hari melalui google meet untuk membahas pelaksanaan Webinar pemberdayaan masyarakat. Materi webinar pertama “Mengolah Sampah Jadi Probiotik Cair” dibawakan oleh Nurjannah Saad, S.Sos. I, Tenaga Ahli DPR RI. Gerakan webinar SEPIA.ID yang pertama ini mendapat feedback positif dari masyarakat. “Dari umpan balik tersebut, kami bisa menyaring kritik dan saran untuk meningkatkan performance SEPIA.ID”, jelasnya.
Webinar kedua dibawakan langsung oleh ketua SEPIA.ID, Jessica Mariana, mahasiswa S2 Ilmu Komunikasi, President University, dengan tema “How To Build Your Business Through Community”. Dua webinar tersebut dimanfaatkan untuk mendapatkan data keperluan presentasi di konferensi IYS 2021, seperti target market, budget breakdown, trial and error. SEPIA.ID memanfaatkan akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter dsb untuk menyebarkan konten edukasi serta informasi webinar. Selain itu juga menggunakan Media Partner, Website, dan Apps agar perluasan lebih efisien. “Alhamdulillah, dengan semangat, usaha keras dan doa, projek sosial kami mendapat respon positif dari para juri”, imbuhnya. (isn)